GELAR OUTBOUND, MTSN LANDAK PERKUAT SOLIDARITAS

Mengisi agenda libur cuti bersama, keluarga besar MTsN Landak menggelar kegiatan outbound di Pantai Samudera Indah, Kabupaten Bengkayang. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini (12-14/2), diikuti seluruh keluarga besar MTsN Landak.  Mulai dari Kepala Madrasah, guru, tenaga kependidikan dan anggota keluarga.

Tujuan utama dari dilaksanakannya kegiatan outbound ini adalah untuk menguatkan solidaritas diantara seluruh pegawai di lingkungan MTsN Landak. Baik guru ASN, honorer, staf tata usaha dan anggota keluarga masing-masing.

Disampaikan oleh Deni Irawan selaku kepala madrasah bahwa kegiatan outbound ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan aktualisasi diri seorang guru dan pegawai, yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan madrasah. 

“Kita harapkan juga bahwa agenda ini dapat menumbuhkan jiwa leadership rekan-rekan guru yang mungkin selama ini belum tampak.” Lanjutnya.  Beberapa permainan dipraktekkan dalam kegiatan outbound ini. Semua peserta terlihat sangat menikmati dan bersemangat dalam melaksanakan setiap arahan dari instruktur dan tim trainer Truscto yang sengaja didatangkan dari Kota Pontianak. 

Dalam kesempatan yang sama, turut hadir menyaksikan kegiatan outbound ini adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Landak Bapak Drs. H. Muhlis, M.Pd beserta istri. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting sebagai sarana refreshing guru selama beberapa waktu mengajar. 

” Kegiatan ini dapat melatih kerjasama tim. Para guru di MTsN Landak yang mengajar akan sangat terbantu dengan outbound yang mengharuskan peserta bahu membahu dengan rekan setimnya untuk menyelesaikan permainan,” tambahnya.

Arif Nurdin, salah satu peserta mengungkapkan bahwa dengan adanya outbound ini, diharapkan dapat melatih kemampuan analisa dan pola pikir dengan memaksimalkan otak kiri dan kanan. Jika keduanya digunakan dengan tepat, akan menjadi senjata yang sangat ampuh dalam pengambilan keputusan.

“Tentu ini akan meningkatkan kemampuan dan kedewasaan seseorang khususnya para guru saat mengambil keputusan dalam kondisi yang belum pernah ia alami sebelumnya,” ujar Arif dengan penuh semangat.

Syabarruddin selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa acara outbound ini menjadi sarana refreshing bagi keluarga besar MTsN Landak. 

“Kegiatan outbound yang menyenangkan akan memberikan rasa suka cita bagi para guru dan anggota keluarganya. Mereka akan sangat menikmati permainan di sela-sela rutinitas mengajar selama ini.” Ungkapnya yang juga seorang guru matematika. 

Dengan beragam jenis permainan yang diselenggarakan, harapan besarnya adalah para guru di MTsN Landak akan semakin bersemangat ketika kembali bekerja dan dapat melahirkan ide-ide serta terobosan baru yang bermanfaat bagi madrasah pada umumnya, dan bagi peserta didik tentunya.

Kekompakan yang terbentuk saat kegiatan outbound ini diharapkan terbawa seterusnya dalam pekerjaan, sehingga saat terjadi masalah, guru MTsN Landak akan lebih solid satu sama lain dan saling berkolaborasi untuk memecahkan masalah.